Jenis Jenis Kefir

Jenis jenis Kefir terbagi menjadi tiga bagian, yaitu

  • Kefir Bening atau di sebut kefir W

Kefir ini adalah merupakan minuman isotonik yang mempunyai kualitas super, yang di olah dari whey,kenapa di namakan demikian karena cairan dari kefir bening ini yang paling sesuai dengan cairan tubuh manusia juga pada hewan. Cara mengolahnya juga tidak lah terlalu sulit, kefir bening ini di olah dari hasil susu non fat(kalsium tinggi) yang telah di fermentasikan dengan bibit kefir(kefir grain).Jenis kefir ini kalau di Indonesia di kenal dengan obat untuk diabetes.

Kefir grains merupakan koloni bakteri yang bersimbiotik bersama dengan unsur yang lain dan membentuk jaringan padat. Kultur bakteri Kefir Grains ternyata berusia lebih dari 500o tahun(coba di bayangkan). Kefir Grains mengandung lebih dari 35 probiotik bakteri yang sangat menguntungkan dan bermanfaat bagi kesehatan, sedangkan pada yoghurt sendiri probiotik bakterinya tidak mencapai itu.

  •  Kefir Prima atau di sebut kefir P

Kefir ini bagus dan sangat di ajurkan bagi orang lanjut usia, bayi,ataupun ibu hamil, karena banyak mengandung gizi yang lengkap juga untuk mencegah terjadinya Gestational Diabetes)* yang menyebabkan bayi terlalu besar sehingga menyebabkan proses kelahiran yang sulit . Kefir jenis ini beraroma asamyang juga sangat bagus untuk menjaga kesehatan dan kebugaran

*Suatu kondisi di mana perempuan tanpa sebelumnya didiagnosis diabetes menunjukkan kadar glukosa darah tinggi selama kehamilan.

  • Kefir Medika

Kefir ini mempunyai aroma dan rasa asam yang lebih kuat /tajam di bandingkan dengan jenis kefir yang lain.Jenis kefir medika ini mempunyai efek antibiotika yang kuat,  sangat cocok untuk mengatasi penyakit infeksi seperti hepatitis, DBD, Herpes. Di Sanatorium Rusia kefir jenis ini di gunakan juga untuk menunjang pengobatan TBC(Tuberculosis). Karenanya kefir ini mempunyai efek pengobatan yang kuat, dan jika mengkonsumsinya sebaiknya di ikuti dengan banyak mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi.

Ekstrak Kefir ini digunakan sebagai bahan untuk membuat obat luar, seperti untuk mengobati sengatan matahari, dan untuk beberapa jenis infeksi kulit, seperti eksim, kutu air dan sejenisnyaKefir ini juga digunakan sebagai bahan dasar dan campuran untuk pembuatan kosmetika, seperti cleansing creamfoundation, anti ketombe dsb.

Tampilannya sepintas sama dengan Kefir Prima, hanya lebih encer, namun rasa lebih asam. Beda pada saat pembuatan digunakan Kefir Grains dengan konsentrasi 20%, dibuatnya juga sama dalam 2 x 24 jam. Digunakan panya penyakit yang mengandung infeksi, baik bakteri maupun virus.

 

 

* Data di ambil dari berbagai sumber

Leave a comment