ODT

ODT atau Hijama adalah sebuah pengobatan yang di bawa oleh Nabi Muhammad Saw sewaktu beliau Isra’Miraj, Pengobatan ini adalah sebaik baik pengobatan yang Alloh turunkan untuk ummatnya, tidak hanya umat muslim tapi untuk keseluruhan ummat di dunia

Banyak hadits yang meriwayatkan tentang Hijama/ODT di antaranya

Rasulullah Saw. bersabda:
عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا مَرَرْتُ لَيْلَةَ أُسْرِيَ بِي بِمَلَإٍ مِنْ الْمَلَائِكَةِ إِلَّا كُلُّهُمْ يَقُولُ لِي عَلَيْكَ يَا مُحَمَّدُ بِالْحِجَامَةِ
“Tidaklah aku melalui sekelompok malaikat pada malam aku diisra’kan, kecuali mereka semua berkata kepadaku,’wahai Muhammad berbekamlah.’” (H.R. Ibnu Majah)

Hakim meriwayatkan dari Abu Hurairah ra. ia berkata: Rasulullah Saw. bersabda:
أخبرني جبريل عليه السلام أن الحجم أنفع تداوى به لناس
“Jibril as. memberitahuku bahwa bekam adalah pengobatan yang paling bermanfaat yang digunakan oleh manusia.” (H.R. Hakim)

Rasulullah Saw. bersabda:

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الشِّفَاءُ فِي ثَلَاثَةٍ فِي شَرْطَةِ مِحْجَمٍ أَوْ شَرْبَةِ عَسَلٍ أَوْ كَيَّةٍ بِنَارٍ وَأَنَا أَنْهَى أُمَّتِي عَنْ الْكَيِّ رواه البخاري

Dari Ibnu ‘Abbas r.a : Dari Nabi Muhammad Saw. : “Kesembuhan dari penyakit itu ada tiga hal : Berbekam, minum madu dan dibakar dengan besi panas. Tetapi aku melarang umatku membakar dengan besi panas itu.” (HR. Bukhari).

Tehnik hijamah yang Rasulullah Saw ajarkan berdasarkan riwayat yang shahih adalah dengan menggunakan sayatan/torehan/syarthah/insisi. Namun kebanyakan para therapist bekam/hijamah melakukan tehnik yang berbeda dengan yang dilakukan oleh Rasulullah Saw, yaitu dengan menggunakan lancet/jarum. Entah berawal darimana tehnik bekam dengan menggunakan jarum ini bermula, belum banyak informasi yang menjelaskan tentang itu. Namun ada juga yang masih bertahan dengan metode syarthah, meski tehnik ini memang tidak bisa sembarang orang melakukannya, paling tidak harus melalui pelatihan di tempat yang memang benar benar telah di rekomendasikan kebanyakan orang.

Di antara tempat pelatihan tersebut ada sebuah klinik di daerah Cempaka Putih, tepatnya bernama klinik BM ODT, klinik ini di bangun oleh Ust Ajib Sy dan istri. Dari kegelisahan dan dilema saat membaca dan melihat serta menelaah hadits hadits tentang al hijamah, beliau menyimpulkan bahwa tidak ada satupun hadist hadits tsb yang menerangkan secara ilmiah tentang teknis dari hijamah ini.

Hijamah sendiri berasal dari kata al-hajmu yang berarti menghisap atau menyedot. …bersambung

Leave a comment